Cara membuat blog gratis di blogger dan tips mengelolanya

Tidak ada komentar

Cara membuat blog gratis di blogger dan tips mengelolanya


Membuat blog gratis di blogger.com adalah pilihan pertama untuk kebanyakan pemula ketika mereka memulai membangun sebuah blog, baik untuk bisnis maupun blog pribadi. Hal ini dimungkinkan karena membuat blog di blogger.com atau blog blogspot gratis dan mudah.

Namun kebanyakan pemula memulai membuat blog tidak mempertimbangkan bagaimana seharusnya mereka mengawali semuanya. Karena itu ketika mereka telah berada dalam proses mengelolah blog untuk mempopulerkan  blog mereka beberapa waktu kemudian mereka menghadapi kenyataan bahwa ada banyak masalah dengan blog yang mereka kelolah yang masalah itu timbul sejak awal.

cara membuat blog gratis dan tips mengelolanya

Karena itu mengetahui bagaimana memulai membuat blog yang benar itu menjadi sebuah keharusan agar kita tidak harus menghadapi masalah dalam optimasi blog kita dikemudian hari. Saya sendiri mengalami masalah dengan kedua blog blogspot saya, karena kesalahan dalam perawatannya di masa lalu.

Artikel ini saya tulis untuk anda yang sudah bisa membuat blog gratis di blogger.com, kalau anda benar-benar belum bisa membuat blog di blogger.com silahkan baca terlebih dahulu artikel langkah-langkah membuat blog di blogger.com. Setelah anda bisa membuatnya baru lanjutkan membaca artikel ini.

Berikut ini beberapa hal yang perlu dipikirkan dalam membuat blog gratis dan mengelolanya agar blog anda lebih baik di hasil pencarian Google

Bagaimana memulai membuat blog gratis yang benar.



  1. Pastikan anda mengetahui tentang apa blog yang akan anda buat. Biasanya ini terkait dengan keterampilan, pengetahuan anda di dunia nyata, kemudian apa yang anda sukai atau apa passion anda. Ini penting agar anda memiliki blog dengan tema spesifik dan anda bisa menikmati proses panjang pengelolaan blog anda nantinya. Blog dengan tema spesifik juga sangat bagus untuk dijadikan media membangun brand.
  2. Apakah tema atau isi yang akan anda muat di blog adalah tentang sesuatu yang cukup populer. Gunanya untuk memastikan blog anda berpeluang mendapatkan banyak pengunjung. Jadi anda harus memilih blog dengan tema atau topik bahasan yang cukup populer.
  3. Gunakan template blog/theme yang ramah mesin pencari. Menggunakan template atau theme blog yang ramah mesin pencari dimaksudkan agar blog anda lebih mudah ditelusuri robot mesin pencari. Template Blog yang ramah mesin pencari misalnya template yang cepat loading, template yang struktur pisiknya sudah dioptimasi, Kode-kode yang digunakan untuk membangun template ditulis dengan baik.  Anda bisa mencari template gratis ramah mesin pencari melalui Google.
  4. Gunakan nama domain yang cantik. Bukan hanya nomor handphone, nama domain juga harus cantik. Pertimbangkan untuk menggunakan nama domain, dalam hal ini sub domain kalau anda menggunakan blog gratis blogspot atau wordpress.com. Sebaiknya pilih nama domain yang mudah dieja, berkonontasi positif. Anda bisa gunakan nama anda,  apapun 1 kata atau gabungan 2 kata yang baik, atau kata yang berupa kata kunci yang anda targetkan, yang dalam hal ini sesuai dengan tema utama blog anda.
  5. Buat judul blog anda dengan tepat. Proses pertama dan utama setelah blog anda dibuat adalah menentukan apa judul blog anda. Judul blog anda adalah sebuah kalimat yang menjelaskan secara singkat tentang apa blog anda. Buat judul yang berbeda dengan blog orang lain, tujuannya agar judul blog anda unik.
  6. Terakhir buat deskripsi yang menjelaskan tentang apa blog anda. Anda perlu membuat deskripsi yang lebih mendetil tentang apa blog anda, untuk blog blogspot disebut juga deskripsi penelusuran. Gunakan kalimat yang menjual yang sesuai untuk menggambarkan tentang apa blog anda. Buat deskripsi yang cukup panjang namun tidak terlalu panjang. 

Setelah semua proses diatas anda lakukan baru anda menulis posting untuk mengisi blog tersebut. Apa yang anda harus tulis di blog anda adalah semua informasi yang relevan dengan tema utama blog anda.

Anda boleh saja menulis sesuatu yang berbeda dari tema utama blog anda, namun sebaiknya jangan terlalu banyak. Terlalu banyak menulis artikel diluar tema blog anda akan membuat blog anda nampak tidak spesifik, lalu blog anda tidak akan efektif digunakan untuk membangun brand.

Brand blog anda terbentuk setelah orang bisa mengasosiasikan blog anda dengan sesuatu yang spesifik. Misalnya blog saya ini karena saya bermaksud membangun brand, maka nama domain yang saya gunakan dan artikel yang saya tulis semuanya terkait dengan bisnis online dan SEO.

Blog anda telah selesai dibuat dan anda telah pula menulis artikel tentang sesuatu yang terkait dengan blog anda selanjutnya anda perlu merawat blog anda dengan rutin. Apa yang harus anda lalukan untuk memastikan blog anda selalu sehat.

Berikut ini yang perlu anda lakukan dalam proses merawat dan mengelola blog. 



  • Daftarkan blog di semua search engine terbesar. Menu setting pada akun blogger.com anda sudah menyediakan opsi untuk meminta mesin Google menelusuri blog anda dan mengindex konten dalam blog tersebut. Anda hanya perlu memilih opsi tersebut. Kemudian ada lagi 2 mesin pencari besar dan blog anda sebaiknya daftarkan pula di 2 mesin pencari besar tersebut, yaitu Yahoo dan Bing.
  • Daftarkan blog di Google Webmasters tool. Anda harus mendaftarkan blog di akun google webmasters tool. Ini berguna untuk memonitor kesehatan blog anda secara keseluruhan dengan lebih mudah. Tidak mendaftarkan blog di akun Google webmasters tool sama dengan tidak pernah memeriksa kesehatan tubuh anda di dokter. 
  • Terbitkan artikel secara teratur. Pekerjaan utama seorang blogger adalah menulis untuk mengisi blog. Anda harus menulis artikel secara teratur, misalnya 1 judul setiap hari atau minimal 1 judul per minggu. Tulis artikel yang relevan dengan tema utama blog anda yang tercermin dari kata kunci yang anda targetkan. Bagaimana mengetahui kata kunci yang relevan dengan tema utama blog anda. Lakukan riset kata kunci, gunakan google keyword tool atau keyword planner. Pilih prasa kata kunci yang banyak diketik orang di Google dengan tingkat persaingan yang tidak terlalu ketat. Gunakan prasa kata kunci tersebut sebagai judul dan tambahkan kata lain agar judul artikel anda unik. Lalu tulislah isi artikel yang relevan dengan judul. Baca cara menulis artikel berkualitas.
  • Secara rutin monitor kesehatan dan status index blog. Pada langkah kedua anda telah mendaftarkan blog di google webmasters tool. Gunakan tool webmasters tersebut untuk mengetahui apakah ada artikel yang sudah anda terbitkan tidak terindex di google, apakah telah terjadi duplikasi deskripsi blog dan deskripsi artikel anda.  Tool ini juga bisa memberitahu anda kalau ada malware menginfeksi blog anda, dan lain-laiin.  Tingkat kesehatan blog gratis anda sangat menentukan nilai kualitas blog di mata algoritma Goole Panda.
  • Dapatkan backlink masuk ke blog anda. Backlink berguna untuk menambah bobot nilai artikel anda dan bobot nilai blog anda secara keseluruhan. Meskipun anda bermaksud mendapatkan backlink sebanyak-banyaknya jangan pernah mendapatkannya secara instan. Misalnya membeli ribuan baclink sehingga dalam kurun waktu yang singkat blog anda bisa memiliki backlink ribuan. Membeli ribuan backlink beresiko. Kalau algoritma google menangkap proses dan prosedur mendapatkan backlink yang anda lakukan tidak alami maka bukannya blog anda menjadi lebih baik malah bisa terkena hukuman. Jadi berusahalah untuk mendapatkan backlink berkualitas. Bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas baca cara mendapatkan backlink untuk blog.
  • Pelajari teknik SEO. SEO adalah cara bagaimana agar blog anda lebih disukai oleh search engine sehingga search engine akan menmpatkan blog anda di posisi terbaik di halaman hasil pencarian mereka. Untuk mengetahui cara simple teknik SEO silahkan baca cara SEO Google terbaru.

Demikianlah masukan untuk anda yang ingin mengetahui langkah-langkah membuat blog gratis di blogger.com dan bagaimana mengelolah dan merawat blog dengan benar.