Cara agar blog tampil di halaman awal google

Tidak ada komentar

Cara agar blog tampil di halaman awal google


Saya pikir cara agar blog tampil di google halaman awal untuk sebuah prasa kata kunci adalah dengan meningkatkan relevansi antara prasa kata kunci dengan isi artikel secara keseluruhan. Maksudnya seberapa relevan antara prasa kata kunci yang anda targetkan dengan artikel yang anda tulis bila dibandingkan dengan artikel pesaing itulah yang menentukan seberapa besar peluang blog anda tampil di halaman awal google. Terlepas apakah anda menulis artikel yang memiliki bahasan yang mendalam atau hanya berisi sedikit kalimat.

Dalam artikel ini saya ambil perbandingan yang sangat mencolok dari 2 buah blog blogspot.  Blog pertama adalah blog trikmudahseo.blogspot.com dan blog kedua adalah blog saktobek.blogspot.com.

Sdr Ricky Pratama pada tanggal 2 oktober 2012 di blog trikmudahseo.blogspot.com menulis artikel dengan judul "bagaimana cara mendapatkan backlink gratis ataupun berbayar?", artikel tersebut tidak menempati peringkat halaman awal google.com penelusuran bahasa Indonesia dan juga google.co.id untuk prasa pencarian "cara mendapatkan backlink" dan prasa pencarian "cara mendapatkan backlink gratis".

Padahal menurut saya bahasan dalam artikel tersebut cukup mendalam, jadi sudah jelas memberikan informasi yang cukup lengkap. Belum lagi ia diterbitkan di blog yang cukup populer bila dilihat dari ranking alexa blog tersebut yang berkisar di angka 19.000 dan juga memiliki PageRank 2, sebuah nilai PageRank yang cukup bagus, bandingkan dengan blog saya ini yang masih PageRank 0.  Satu-satunya yang belum memberi nilai lebih pada blog tersebut adalah usianya yang baru 1 tahun lebih sedikit, blog carabisnisonline ini usianya sudah 3 tahun.

Sementara blog saktobek.blogspot.com bisa tampil di halaman awal google untuk prasa kata kunci "cara mendapatkan backlink". Blog blogspot tersebut juga memiliki PR 2 dan artikel yang tampil di blog tersebut berjudul "cara mendapatkan backlink permanent" yang diterbitkan pada tanggal 15 Januari 2013.  Hebatnya artikel tersebut hanya berisi tidak sampai 15 buah kalimat. Jadi saya pikir rasanya sulit untuk mengatakan artikel yang hanya berisi kurang dari 15 kalimat layak tampil di halaman 1 google, tidak juga setelah menelusuri 2 buah URL yang disisipkan dalam artikel tersebut, yang sepertinya 2 buah URL tersebut mengarah ke situs generator link yang lebih berupa ladang link.

Jadi mengapa artikel sangat pendek bisa tampil di halaman awal google mengalahkan artikel panjang yang bahasannya lebih mendetil.

Agar tampil di halaman awal google prasa kata kunci harus relevan dengan isi artikel.


Menurut saya yang mendukung agar tampil di halaman awal google adalah faktor relevansi prasa kata kunci dengan isi artikel secara keseluruhan, kemudian bobot relevansi prasa kata kunci tersebut. Maksud saya adalah bahwa dengan menulis artikel yang panjang kita malah bisa mengurangi bobot kata kunci yang kita targetkan.  Biasanya di sebuah artikel yang panjang akan ada banyak prasa kata kunci yang menjadi target, sekaligus membuat bobot relevansi semua prasa kata kunci tersebut dengan isi artikel secara keseluruhan menjadi relatif berimbang, jadi tidak ada yang sangat ditonjolkan.

Sepertinya google menilai artikel yang layak tampil di halaman pertama hasil pencarian untuk sebuah prasa kata kunci adalah artikel yang memiliki prasa kata kunci yang memiliki bobot relevansi dengan isi artikel paling menonjol.  Jadi seandainya sebuah artikel memiliki target prasa kata kunci 5 buah, google akan menentukan prasa kata kunci utama untuk artikel tersebut dengan melihat prasa kata kunci yang mana yang memiliki persentase relevansi paling tinggi dengan artikel.

Contoh: Anda menulis sebuah artikel yang cukup panjang dan tanpa anda sadari anda menargetkan 5 buah prasa kata kunci, masing-masing prasa kata kunci memiliki nilai relevansi dengan isi artikel secara berurutan 35, 30,20,10,5.

Bila blog pesaing juga menargetkan 5 prasa kata kunci yang sama dengan anda dengan bobot relevansi masing-masing prasa kata kunci dengan isi artikel secara berurutan 55,15,15,10,5, maka blog pesaing anda lebih mungkin menang bersaing untuk prasa kata kunci pertama, karena bobotnya lebih tinggi (55 berbanding 35).  Jadi blog pesaing anda memiliki prasa kata kunci yang lebih relevan dengan artikelnya dari pada blog anda, meskipun pesaing anda menulis artikel dengan jumlah kalimat yang jauh lebih sedikit.


Data-data terkait :

Blog saktobek.blogspot.com:
Nilai page authority (PA)=1.
Jumlah tampil prasa kata kunci=15 kali.
Saya gunakan menu chrome untuk melihat sumber (view-source:http://saktobek.blogspot.com/2013/01/cara-mendapatkan-backlink-permanent.html).

Blog trikmudahseo.blogspot.com :
Nilai page authority (PA)=34.
Jumlah tampil prasa kata kunci= 24 kali. (saya gunakan cara yang sama dengan blog saktobek.blogspot.com)

Disini saya tidak mengatakan bahwa blog saktobek.blogspot.com memuat prasa kata kunci yang sama dengan cara berlebihan meskipun jumlahnya 15 buah (view-source). Jumlah 15 buah tersebut sangat padat bila dibandingkan dengan jumlah kalimat pada artikel tersebut yang tidak sampai 15 buah.  Hanya saja prasa kata kunci tersebut di tampilkan dengan cara yang nampak alami.  Banyak blog yang menggunakan trik seperti ini dan banyak juga dari blog/website tersebut tampil di halaman awal google.

Sayangnya saya tidak bisa melihat versi cache hanya teks untuk kedua artikel blog tersebut, sehingga saya tidak mendapatkan gambaran yang lebih mendetil.


Kesimpulan.


  • Tidak perlu menulis artikel yang panjang bila menjadikan artikel memiliki banyak prasa kata kunci yang menjadi target. Menulis artikel yang panjang dan karenanya membuat tidak ada prasa kata kunci yang (terlihat) sangat dipentingkan, tentu saja membuat artikel seperti tidak memiliki prasa kata kunci utama.  Hampir semua blog yang tampil di halaman pertama untuk prasa kata kunci diatas menulis artikel yang tidak panjang, hanya ada 1 yang cukup panjang yaitu artikel hasil copy paste dari artikel Ricky Pratama yang dalam posting ini saya jadikan bahan perbandingan.
  • Kata kunci untuk tampil di halaman awal google adalah relevansi, baik relevansi antara judul atau tema utama blog dengan artikel dan relevansi antara judul artikel, prasa kata kunci, dengan isi artikel.
  • Apa yang ditulis di blog saktobek.blogspot.com tentang cara mendapatkan backlink adalah benar, namun apakah yang ditulis di blog tersebut dan blog lainnya adalah cara yang efektif untuk membuat blog tampil di halaman awal google itu lain perkara.
  • Peringkat SERP untuk 2 kasus yang saya jadikan contoh diatas belum bisa dikatakan final,  karena artikel-artikel yang tampil di halaman pertama google tersebut semuanya masih segar (baru terbit).  Artikel yang baru terbit biasanya diprioritaskan tampil di halaman pertama google untuk beberapa lama. Jadi besar kemungkinan akan ada perubahan peringkat suatu saat dalam waktu dekat nanti, yang menjadikan artikel yang berisi sangat sedikit kalimat akan tersingkir dari halaman 1 google.


Tapi benar bahwa artikel yang panjang dan mendetil tidak menjadi jaminan untuk tampil di halaman pertama google untuk sebuah prasa kata kunci bila nilai relevansi prasa kata kunci tersebut dengan isi artikel rendah, atau tidak lebih menonjol dari artikel sejenis yang terbit di blog pesaing, yang juga menargetkan prasa kata kunci yang sama.