Tidak ada komentar
Apakah Blogspot atau wordpress yang lebih baik untuk bisnis online 

Ada 2 macam flatform blog yang populer yang bisa anda gunakan untuk bisnis online. Yaitu blog blogspot dan blog wordpress. Blog wordpress yang saya maksudkan adalah wordpress.org (self hosting).

Meskipun salah satu lebih baik bila dilihat dari sebuah sisi, tetapi satunya lagi juga bagus dilihat dari sisi lain. Jadi sebenarnya baik atau kurang baik, lebih bagus atau tidak tergantung dengan kebutuhan anda masing-masing. Dan tergantung dari sudut mana anda memandangnya.

Pilhan yang tepat menentukan perkembangan bisnis online anda di masa depan.

Sekedar sumbang saran mungkin apa yang saya tulis dalam artikel ini bisa membantu anda memutuskan mau memilih flatform blog yang mana.

Kelebihan blog blogspot.

1. Gratis

Daya tarik utama orang pilih blog blogspot adalah karena ia gratis dan bisa online sampai kapanpun, selama anda tidak menyalahi TOS (Term of service) google yang berakibat blog anda dihapus.

Anda bisa buat blog blogspot dengan mudah dan tidak harus membayar apapun selamanya.

2. Mudah terhubung dengan produk google lainnya.

Begitu anda memiliki blog blogspot atau blog blogger berarti anda memiliki akun Google. Akun Google selain bisa untuk membuat blog blogspot bisa pula langsung terhubung dengan produk  google lainnya, seperti alat analisa kesehatan situs google webmasters tool, Google analytic, google keyword planner dan lain-lain.

Google menyebutnya satu akun untuk semua produk Google. Begitu anda login ke akun blogger secara otomatis anda juga login ke produk layanan google lainnya.

3. Blog blogspot lebih diprioritaskan tampil di SERP google.

Belum ada klaim kebenaran tentang hal ini, namun karena blog blogspot adalah produk google juga maka kemungkinan itu bisa jadi ada, mungkin ia adalah salah satu dari ratusan faktor yang mempengaruhi peringkat hasil pencarian Google (SERP)

Kelebihan blog wordpress.

1. Benar-benar milik anda.

Blog wordpress.org tidak akan bisa dihapus google meskipun anda menyalahi TOS google, paling-paling blog anda akan tidak bisa tampil di mesin pencari Google.

Tidak bisa tampil di google anda masih bisa berharap pada Yahoo, bing dan puluhan mesin pencari lainnya. Anda bisa lakukan apapun pada blog anda semau yang anda suka.

2. Bisa memuat fasilitas online apapun.

Anda bisa buat blog wordpress anda dengan tampilan bagaimanapun, dan bisa pula anda sisipkan gadget apapun. Singkatnya kalau anda pernah melihat website dengan tampilan dan fasilitas yang lengkap, maka blog wordpress bisa pula memilikinya.

Form login, form isian apapun umumnya sangat sulit untuk dimiliki blog blogspot. Meskipun bisa, ia memilki batasan tertentu. Sementara blog wordpress.org sangat memungkinkan dengan nyaris tanpa batasan apapun.

3. Nampak lebih profesional.

Umumnya blog atau website profesional memiliki tampilan yang menarik dan punya fasilitas lengkap. Dan itu tidak bisa dimiliki oleh blog blogspot.

Karena kelengkapan fitur tersebut maka ia terlihat profesional. Kebanyakan website populer, baik ia website ecommerce, website membership, dan jenis website profesional lainnya dibuat dengan software wordpress.org. Hal yang tidak bisa dilakukan oleh blogspot.

Apa kekurangan masing-masing flatform blog diatas ?. Apa yang menjadi kelebihan satu flatform adalah kekurangan dari flatform satunya.

Demikianlah menurut saya kelebihan masing-masing flatform blog diatas. Sekarang terserah anda mau pilih yang mana. Kalau anda ada tambahan atau koreksi silahkan tulis di komentar anda.